Strategi Promosi Melalui Sosial Media

Strategi promosi melalui sosial media - Bagi anda yang mempunyai bisnis namun merasa stag ditempat? Sosial media mungkin bisa menjadi jawabannya.

Anda pasti sering melihat teman bahkan rekan bisnis anda mem-posting bisnis mereka melalui sosial media bukan?

Hal tersebut adalah salah satu teknis promosi masa kini. Selain terbilang lebih hemat, promosi online melalui media sosial bisa dikatakan tepat sasaran.

Baik bisnis anda jalankan secara konvensional maupun online, teknis promosi ini layak anda coba jika ingin mengangkat level bisnis anda.

Untuk jenis sosial medianya, anda bisa menyesuaikan dengan rata - rata usia market anda.

Strategi Promosi Melalui Sosial Media

strategi promosi melalui sosial media

Berikut ini ulasan lengkap langkah demi langkah memanfaatkan media sosial untuk bisnis anda :


#1 Berteman dengan Target Market di Sosial Media

Peluang keberhasilan marketing online dalam mengenalkan produk hingga men-viralkan bisa dimulai dari postingan sosial media. Contohnya saja menggunakan Facebook.

Pertemanan kurang lebih ibarat kolam ikan anda. ikan yang dimaksud disini adalah calon konsumen. Semakin banyak target market mengenal produk anda, maka tingkat permintaannya juga meningkat.

Jadi, hal pertama setelah mempunyai akun sosial media yakni berteman dengan orang – orang yang sekiranya berperan sebagai target market anda.

Umumnya setiap sosial media membatasi jumlah pertemanan dalam satu akun. Misalkan ketika anda menggunakan facebook, maka jumlah pertemanan anda akan terbatas pada lima ribu teman saja.

Satu tips mengoptimalkan pertemanan yakni dengan membatalkan akun - akun yang sekiranya tidak lagi aktif. Dengan begitu anda bisa menambah pertemanan dengan akun - akun yang lebih berpotensi menjadi konsumen anda.

Baca Juga: 5 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol.


#2 Gunakan Tools Marketing Online

Strategi promosi melalui sosial media yang kedua adalah menggunakan tools marketing online.

Aktivitas promosi melalui sosil media tidak kurang melelahkannya dibandingkan promosi secara door to door.

Banyangkan anda mesti rutin membuat postingan, melakukan interaksi hingga melayani chat calon konsumen yang belum pasti deal.

Pekerjaan berbau teknis ini tentunya juga akan menyita banyak waktu anda. Untuk itu, sangat penting bagi anda menggunakan tool atau alat promosi yang bisa meringankan beban kerja anda menggaet konsumen.

Salah satu penggunaan tool atau alat promosi pada akun sosial media facebook yang bisa membantu anda menyiapkan postingan lengkap dengan waktunya.

Ini berarti anda bisa menyiapkan banyak bahan postingan iklan anda dalam satu waktu. Hal ini membuat postingan anda otomatis terkirim sesuai jadwal yang sudah anda atur.

Selain itu juga, tools marketing facebook juga bisa membantu mencari target market anda dan anda bisa mengirimkan permintaan pertemanan dalam jumlah banyak dalam satu kali klik.

Begitupun untuk proses pembatalan pertemanan akun - akun yang tidak lagi aktif. Dalam satu kali klik, anda bisa menyelesaikan hal teknis dengan waktu singkat.

Baca Juga: 3 Jenis Bisnis Online Tanpa Modal.


#3 Bangun Interaksi dengan Para Calon Konsumen

Tidak peduli seberapapun banyaknya pertemanan berdasarkan target market yang anda kumpulkan, namun tidak ada interaksi dengan mereka ibarat memancing tanpa umpan.

Mereka mungkin menyadari anda sedang menawarkan, namun meraka tidak tersangkut untuk membelinya. Interaksi ini sebenarnya merupakan ikatan emosi antara anda dengan market anda.

Umumnya, orang – orang akan membeli karena emosi. Tentu anda pernah mengalami fenomena ini. Ada saat dimana anda sangat ingin membeli suatu barang saat itu juga, namun keesokan harinya anda tidak lagi ingin membeli barang tersebut.

Inilah peran emosi mempengaruhi manusia dalam memutuskan keputusan.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Online yang Wajib Anda Coba.


#4 Tawarkan Produk Secara Personal

Dalam memnetukan strategi promosi melalui sosial media, sebenarnya Orang - orang tidak suka di juali. Namun faktanya suka berbelanja.

Ketika anda mempromosikan produk secara sembarangan, misalkan melakukan tag hingga broadcash tentu akan menemui respon yang lebih banyak negatif.

Untuk mengatasi kendala ini, anda bisa menawarkan produk anda secara personal. Hal ini karena peluang closing dari penawaran personal cenderung lebih berhasil.

Dalam proses penawaran, anda juga perlu menggunakan bahasa yang menarik. Penggunaan copywriting terbukti ampuh mempengaruhi sisi psikis pembeli.

Nah itulah 4 strategi promosi melalui sosial media, Anda dapat menggunakannya untuk memperlancar penjualan produk dan jasa anda di dunia maya.

0 Response to "Strategi Promosi Melalui Sosial Media"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel