Cara Menjadi Publisher Google Adsense Bagi Pemula

Cara Menjadi Publisher Google Adsense – Apakah Anda termasuk sebagai orang yang sudah bekerja namun ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari dunia Blogging? Jika iya, maka sangat tepat sekali bagi Anda untuk memulai bisnis ini. Bisnis Google Adsense bisa dikatakan sangat mudah dilakukan apabila Anda mengetahui dasar-dasar dalam menjalankan bisnis ini.
Beberapa dasar yang harus kalian miliki misalnya:
  • Situs web (jika ingin mendapatkan penghasilan dari konten web)
  • Konten youtube (jika ingin mendapatkan penghasilan dari Youtube)
  • Aplikasi android (jika ingin mendapatkan penghasilan dari aplikasi yang Anda buat).

Tentu tidak semua dasar tersebut harus kalian miliki. Cukup pilihlah salah satu dahulu. Namun apabila kalian memiliki ketiganya, alangkah baiknya jika focus pada 1 hal dan ketika nanti sudah sukses kita bisa berambah ke hal yang lain.

Pada kesempatan kali ini, Digi Bisnis tidak akan membahas mengenai cara menjadi publisher Google Adsense Youtube atau cara menjadi publisher Google Adsense dari aplikasi. Akan tetapi yang akan kami bahas adalah cara menjadi publisher Google Adsense bagi pemula melalui konten web yang notabenenya merupakan dasar dari semua hal.

Nah bagi sobat Digi Bisnis yang penasaran, langsung saja yuk ikuti beberapa caranya berikut ini!

Cara Menjadi Publisher Google Adsense Bagi Pemula


Cara Menjadi Publisher Google Adsense Bagi Pemula

Berikut ini Digi Bisnis akan memberikan tutorial lengkap tentang bagaimana cara menjadi publisher Google Adsense bagi pemula yang benar. Adapun beberapa cara tersebut diantaranya:

Tentukan Tema Situs Anda


Cara menjadi publisher Google Adsense yang pertama ialah dengan menentukan terlebih dahulu tema situs yang akan kita bangun. Misalnya seperti Jalan Tikus yang condong ke dunia android dan gadget, alo dokter yang condong dalam dunia kesehatan, serta situs Digi Bisnis yang condong membahas informasi seputar bisnis online.

Untuk mempermudah Anda dalam menentukan tema ini, silahkan cari hobi yang kalian kuasai. Ingat! Blogging bukanlah cara mencari uang dengan cepat karena blogging merupakan hobby yang harus selalu dilakukan.

Bangun Situs Web


Cara menjadi publisher Google Adsense yang ke dua ialah dengan membangun situs web terlebih dahulu. Di sini terdapat dua macam platform yang bisa Anda gunakan, yakni:
  • Blogger
  • Wordpress

Lantas apa perbedaan dari kedua platform web di atas?

Secara sederhana, blogger merupakan platform web gratis yang dikelola oleh pihak Google sendiri. Asalkan tema dari situs Anda tidak melanggar kode etik situs yang sudah diberikan Google, maka situs tersebut akan aman.

Sedangkan Wordpress merupakan platform web pihak ketiga yang dibuat oleh Wordpress.org. Hanya saja yang membedakan platform Wordpress dan Blogger adalah fitur yang tersedia. Secara singkat, blogger sangat cocok bagi pemula karena mudah untuk digunakan. Sedangkan wordpress memiliki beberapa fitur yang harus disetting terlebih dahulu (rumit bagi pemula yang masih belum paham dunia websites)

Beli Domain


Apabila kita ingin membuat situs gratisan dengan menggunakan platform blogger, maka secara otomatis situs kita nantinya akan berakhiran, misal: digibisnis.blogger.co.id. Sedangkan pada wordpress nantinya akan digibisnis.wordpress.com.

Namun jika kita membeli sebuah domain, maka nama situs kita nantinya akan langsung menjadi digibisnis.com. Pada situs ini saya menggunakan platform Blogger karena mudah untuk dimainkan serta mudah untuk disetting dan tentunya aman.

Sebelum kalian membeli domain, harap dipastikan nama domain yang ingin kalian beli harus berhubungan langsung dengan tema dari situs Anda. Misalnya, kalian ingin membangun situs android, maka kalian bisa menggunakan nama domain porosandroid.com (misalnya).

Belilah domain di beberapa jasa penyedia layanan domain semisal:
  • Niagahoster
  • Rumahweb
  • Dan Indowebhost


Hubungkan Domain dengan Situs


Sebagai pemula Anda bisa meminta bantuan kepada pihak penyedia jasa domain untuk menyettingkan domain agar terhubung dengan situs Anda. Nantinya mereka akan mengirimkan tutorial lengkap tentang cara menghubungkan domain dengan situs.

Setting Situs


Setelah dianggap selesai dan domain Anda sudah terhubung dengan situs, maka mulailah menyetting situs anda. Lengkapi beberapa data semisal:
  1. Kontak Kami (Halaman untuk menghubungi Anda, silahkan buat di menu page)
  2. Disclaimer
  3. Privacy Policy
  4. Dan About us (Informasi mengenai situs Anda)

Untuk pembuatan disclaimer dan privacy policy kalian bisa search di Google “Privacy Policy Generator” dan “Disclaimer Generator”.

Buat Konten Yang Berkualitas


Cara Menjadi Publisher Google Adsense Bagi Pemula

Setelah berhasil melakukan beberapa cara di atas, maka cara menjadi publisher Google Adsense dengan cepat selanjutnya ialah dengan membuat konten yang berkualitas. Seperti yang telah kami katakana sebelumnya, buatlah artikel atau konten yang sesuai dengan hobi Anda agar Anda tidak malas untuk menulisnya.

Untuk 1 hari usahakan Anda mampu mengupdate situs Anda sebanyak 2 sampai 3 kali. Dengan panjang kata berkisar antara 500 – 700 kata. Ini sangat penting agar setiap hari situs Anda semakin dikenal oleh banyak orang.

Setelah menulis artikel jangan lupa untuk melakukan share ke beberapa social media semisal facebook, instagram, twitter, google plus, dan beberapa jejaring social yang kalian miliki.
Untuk mempemudah situs Anda dikunjungi banyak visitor, buatlah konten yang selalu up to date alias tidak ketinggalan jaman. Di sini kalian bisa menyiasatinya dengan membuat konten viral seperti yang ada di youtube atau pun di facebook.

Untuk melihat berapa jumlah page view dari situs Anda, silahkan cek di statistic (jika anda menggunakan blogger) dan gunakan plugin page view counter apabila kalian menggunakan wordpress.

Bangun Visitor


Cara menjadi publisher Google Adsense sejatinya tidaklah sulit apabila kalian memliki hobi dalam dunia blogging. Yang harus Anda utamakan di sini adalah, bangunlah situs yang berkualitas agar para pembaca tidak bosan untuk mengunjungi situs Anda setiap harinya. Serta jangan lupa untuk terus melakukan update agar situs Anda semakin banyak visitornya setiap hari.

Ingat, untuk membangun visitor ini bisa Anda lakukan dengan dua hal:
  1. Riset kata kunci
  2. Menggunakan konten viral

Jika Anda termasuk pemula, sangat kami sarankan agar menggunakan konten viral sebagai acuan untuk mendapatkan visitor yang banyak

Namun jika Anda sudah ahlinya, maka lakukan riset kata kunci dengan menggunakan Google Keyword Planner, Ezkeyword atau pun tools riset kata kunci lainnya.

Daftar Google Adsense


Cara Menjadi Publisher Google Adsense Bagi Pemula

Apabila dirasa konten atau artikel yang Anda miliki sudah banyak, serta visitor sudah banyak, maka langsung saja Anda daftarkan situs ke Google Adsense. Di sini Anda harus melengkapi data diri Anda sebenar mungkin agar diterima. Selain itu, ikuti beberapa langkah cara menggunakan Google Adsense yang nantinya akan kalian dapatkan dari pihak Google.

Tunggulah email konfirmasi apabila situs Anda sudah lolos uji tahap 1. Sedangkan untuk uji tahap 2 kalian harus memasang kode iklan di situs terlebih dahulu. Setelah itu silahkan tunggu email balasan apakah situs Anda sudah diterima atau tidak. Apabila diterima, maka selamat! Kini Anda sudah menjadi publisher Google Adsense.

Kembangkan situs Anda dan mulailah mendapatkan penghasilan terhadap hobi yang sudah Anda jalankan ini.

Oke, itulah tadi beberapa cara menjadi publisher Google Adsense bagi pemula dengan cepat yang bisa Anda coba. Semoga informasi di atas bermanfaat J

0 Response to "Cara Menjadi Publisher Google Adsense Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel